Tips Seputar Karbu SuperPIO

Tips Seputar Karbu SuperPIO

 

 

YAMAHA SCORPIO

Yamaha Scorpio dari pabriknya menganut karburator model vakum yang terkenal efisien. Namun pemilik Scorpio yang berumur lebih dari tiga tahun kerap mengeluhkan performa karbu jadi menurun. Itu lantaran karet vakum sudah mulai keras atau bocor. Tentu ngaruh terhadap isapan bensin yang kurang maksimal. Akhirnya tarikan kurang responsip. Tinggal ganti karet vakum, masalah bakal selesai. Namun banyak yang mengeluh harga karet vakum yang mencapai Rp 400 ribu. Ada yang sekalian ganti karburator model skep, tarikan lebih oke dan harga beda tipis,”Ada berbagai pilihan karbu skep yang banyak dijual toko variasi. Paling banyak dipakai Scorpio yaitu Keihin. Tersedia tiga model atau varian yang ditawarkan, yaitu PE, PWL dan PWK. Ketiganya berventuri 28 mm. Secara kasat mata modelnya mirip. Namun buat pemasangan dan seting punya perlakuan berbeda.

  • Mulai dari Keihin PE, harga Rp 500 ribu-Rp 600 ribuan, paling banyak diminati pemilik Scorpio. Karbu PE Punya karakter tarikan atas oke. Namun putaran bawah agak sulit didapat. Bila ingin tarikan bawah dapat, kompresi harus dibikin lebih padat. Untuk seting karbu ini, paling pas pakai spuyer ukuran 115 buat main -jet sedang 42 buat pilot-jet. Buat atur putaran anginnya satu seperempat putaran balik setelah diset mentok, tipe PE menggunakan jarum skep sudah fix hingga tidak bisa disetel.
  • Pilihan kedua, adalah Keihin PWL. Banderol yang dipasang mulai Rp 700 ribu–800 ribuan. Keunggulan dari tipe PWL memiliki jarum skep yang bisa distel. Untuk seting jadi lebih mudah. Jadi, sebelum ganti spuyer bisa disetel dari jarum skepnya dulu. Karakter PWL buka-bukaan gas lebih oke buat jarak pendek. Karakter ini cocok buat trek dalam kota dan ubahan Scorpio trail.

    Sedang untuk putaran atasnya masih bagus tipe PE. Untuk setingannya sendiri, spuyer untuk main-jet ukuran 120 sedangkan pilot-jet 48, dengan putaran angin lebih kurang 360 derajat alias satu putaran.

  • Terakhir, Keihin PWK, tipe ini paling spesial dari dua model di atas. Lantaran untuk tarikan bawah dan atas seting karbu mudah didapat. Namun harga juga spesial, Rp 2,2 jutaan. Tipe ini punya skep model oval. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang dari dua tipe sebelumnya di atas. “Cocoknya pakai main-jet yang biasa diaplikasi karbu Keihin motor SE. Untuk urusan seting spuyer di Scorpio, memang jauh lebih mudah. Main-jet ukuran 120 sedang pilot-jet 48. Setelan angin cukup digeser 1,5 putaran balik setelah diputar mentok.

 

Mudah-mudahan bermanfaat yah,………..!!!!

sumber ototrend.info

Cukup Putar Manifold

Intake Manifold

Ganti karbu Keihin PE pada Yamaha Scorpio kerap dilakukan mekanik. Untuk pemaasangan memang agak repot. Karena kalau karbu langsung dipasang ke intake karet bawaan motor bodi karbu bakal mentok dinamo stater.

Solusinya yang banyak diaplikasi akhirnya pasang adaptor atau intake tambahan yang dibuat dari aluminium. Dengan metode ini keuntungannya filter karbu tetap bisa diaplikasi.
PE28 + Airfilter aftermarket
“Kalau mau praktis pasang karbu PE sebetulnya bisa saja,” ujar Suryo mekanik sekaligus pemilik bengkel Suryo motor di Cipinang, Jakarta Timur. Suryo bilang, caranya cukup sederhana. Yaitu tinggal putar saja posisi dudukan intake standar yang nempel di blok silinder.

Jadi, proses pengerjaanya mudah, lepas dulu dua baut pengikat intake standar menggunakan kunci ring 10. Setelah baut dibuka tinggal lepas intake dari blok. “Hati-hati saat melepasnya jangan sampai o-ring dalam intake rusak,” ujar mekanik berkulit gelap ini.4648pasang-karbu-adib-2.jpg

Baru kemudian pasang kembali intake tapi posisinya dibalik. “Sisi bagian bawah intake yang tertulis kode BP5 letaknya pindah ke atas. Nah sebelum pasang dioles dulu pangkal intake pakai sealer” lanjut Soryo lagi.

Posisi intake yang sudah diputar bikin moncong bagian dalam karbu bisa dikunci klem intake. “Lumayan, jaraknya jadi lebih panjang 0,5 cm. Dengan begitu, moncong bagian dalam karbu bisa lebih menempel,” yakin Suryo.

Namun konsekuensinya cocok bagi mesin Scorpio open air. Maksudnya kudu pakai filter variasi. Ini lantaran jarak karet klem standar yang mengunci venturi jadi terlalu pendek.

Penulis/Foto : Belo/Adib
Sumber dari Motor plus Online

About these ads

7 Balasan ke Tips Seputar Karbu SuperPIO

  1. Erwan mengatakan:

    Lam kenal bro,,saya mau tanya kalau pake pe28 di pake adaptor lagi jd kira2 brapa cm tebal adaptor nya supaya bisa pas ke karet hawa nya..dan klw pake adaptor apa akan berbeda lg setingan jeting nya?makasih sblm nya SALAM

  2. Erwan mengatakan:

    Aduh ma,af..maksud nya di motor scorpio..makasih

  3. src034 mengatakan:

    Ketebalan adaptor sekitar 1-1.5cm dan panjangnya sekitar 3cm dengan bahan terbuat dari alumunium. Namun perlu diingat, saat membuat adaptor perlu dibuatkan untuk pemasangan o-ring seperti halnya yang terdapat pada intake manifold. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran.

    Tambah adaptor pasti pengaruh buat nyeting spuyer. Kelemahannya pasti ada di putaran menengah atas. Rekomendasi pake Spuyer pilot-jet ukuran 40 dan main-jet 115. Silakan bereksperimen.

  4. hermanto ilp mengatakan:

    kalau untuk yamaha byson bs ngk..?

  5. acun mengatakan:

    Scorpio z ku pake pe 28 nsr150sp, posisi intake ud d putar. Mao tau settingan spuyer yg ok pake berapa? 130, 45 kah? Atau 115 42?? Thx u

  6. apid suhari mengatakan:

    apa yg mesti dignti? Stlh knalpot scorpioZ dibobok?

  7. jaka mengatakan:

    ada yang mau jual karbu scorpio z ga gan ???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: