Seputar Rantai Yamaha Scorpio

Rantai (CHAIN) OEM Yamaha Scorpio yang memiliki kode spare part 94581-90118 memang dikenal handal. Dengan mengusung tipe 428V panjang 118 mata diproduksi tanpa menggunakan sambungan. Untaian kokoh tanpa sambungan telah membuat rantai ini sangat kuat dan nyaris jarang ada yang putus saat berputar. Memang rantai ini diperuntukan untuk tipe Sport diatas 250cc. Keunggulan lainnya yaitu terletak pada konstruksinya yang telah mengadopsi o-ring di setiap mata rantainya. O-ring ini mampu meredam gesekan yang terjadi saat rantai berputar cepat. Sehingga noise yang ditimbulkan akibat gesekan tersebut hampir nyaris tidak terdengar gemericiknya. Disisi lain, o-ring ini ternyata mampu menahan pelumas rantai agar tidak mudah lepas saat rantai berputar. Bila dilakukan perawatan secara berkala dengan baik, rantai ini mampu berumur panjang. Tak jarang motor Scorpio keluaran lawas pun masih banyak menggunakan rantai bawaannya.
Ori
Dibalik sederet keunggulan yang disuguhkan, memang tidak salah bila harga rantai ini cukup mahal. Berdasarkan Price List resmi yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan Yamaha per 1 Feb 2010, Rantai ini memiliki harga eceran resmi yaitu Rp. 670,000. Dhasyattt…….bandingkan dengan produk-produk rantai lainnya yang masih bermain dikisaran Rp.350,000 ke bawah.

Bagi rekan-rekan bikers penunggang sang Kalajengking, berikut informasi yang bisa menjadi alternatif ataupun menjadi substitusi part pengganti rantai original. Dipastikan cukup berguna disaat kantong sedang tidak bersahabat……….. Namun jangan asal pilih Bro, karena rantai memiliki SPESIFIKASI STANDAR untuk tiap-tiap motor. Japan Chain Association Standard (JCAS) salah satu yang membuat spesifikasi standar untuk tiap rantai yang disesuaikan dengan kebutuhan motor.

a, ALTERNATIF 1: Beli Rantai Meteran……..
Bagi bikers yang senang berburu harta karun “perkakas bengkel dkk-nya” keberadaan LINDETEVES TRADE CENTER Glodok sudah tidak asing lagi deh…….silakan berburu disitu. Banyak penjual Rantai Meteran sesuai kebutuhan. Dihitung per jumlah mata rantai yang diperlukan. Harga per-mata rantai kualitas bagus cukup bervariasi mulai dari Rp.2000-an. Tanyakan ke pedege-nya yang punya speksifikasi terbagus. Umumnya berkode SB (= Solid Bush), H (= Heavy Duty), atau HO (= Heavy Duty and O-ring). Yang perlu di-INGAT……. Rantai Scorpio berukuran 428 – 118 mata. Sebut saja per mata Rp.2000 x 118 mata = Rp.236,000………Jauh lebih murah kan? hanya 35%nya harga rantai original.
TK meteran
Selain di LINDETEVES, Bro and Bri bisa sambangi juga TOKO POLARIS (Ph.021-6251404) Kebon Jeruk III Kota. Mereka menjual Rantai meteran bermerk TK JAPAN. Rantai ini ada 2 tipe yang 428H dan 428HO, mantebnya ada beberapa warna bisa pilih GOLD atau SILVER. Harga Rantai TK 428HO dijual permata sekitar Rp.2500.

b ALTERNATIF 2: Substitusi Motor Lain
Selain merujuk rantai meteran, bro and bri juga bisa melirik rantai motor lain. Namun memang tidak ada rantai substitusi yang memiliki panjang yang sama dengan Scorpio. Jadi solusinya, potong bila rantai yang dibeli kepanjangan beberapa mata.Berikut rantai substitusi motor lain yang bisa dipilih:

* Kawasaki Ninja 428H-122
* Kawasaki Eliminator 428H-128
* Honda CBR 150 428H-126
* Bajaj Pulsar 180 428H-124
* Kymco Spike 428H-120
* Suzuki satria FU 428H-122
* Suzuki RGR 428H-124
* Suzuki Satria 120R 428-128

Nah, tinggal dipilih deh usahakan menggunakan hak piliknya pada tipe 428H. Sebagai informasi 1 contoh saja, rantai Kawasaki Eliminator dihargai Rp.170,000……….murah kan?? Kualitas ?? Pasti OKE PUNYA lah namanya juga rekomendasi pabrikan. Tinggal potong sesuai kebutuhan Scorpio yang hanya 118 mata. Beres deh……….

Info ini penting juga loh, buat Bro n Bri yang mau modif Scorpio pake gir besar Uk diatas 46 karena pasti butuh rantai lebih panjang atau yang mau modif si Kalajengking pakai swing arm limbah yang rata-rata lebih panjang dari punya Yamaha Scorpio.

c. ALTERNATIF 3: Rantai Variasi Berkualitas
Sekarang sudah cukup banyak rantai versi Variasi/aftermarket yang berkualitas tinggi. Sebut saja rantai Daytona, rantai SINNOB dan masih banyak lagi. Umumnya sudah dijual dalam panjang yang memang diperuntukan untuk Yamaha Scorpio. Jadi tidak perlu repot untuk potong-potong. Enaknya lagi, umumnya dijual dalam 1 paket beserta sprocketnya…….mantebkan.
KTC
Contoh produk unggulan Daytona, Kode AO395 Gold Chain & Steel Sprocket Set Rp.250,000 atau AO409 Gold & Alumunium Sprocket Set Rp.450,000 (per April 2010). Atau Rantai SINNOB dijual dalam 1 paket termasuk Sprocket depan dan belakang, untuk Yamaha Scorpio ada 2 jenis Sinnob Premium Rp.650,000 dan Sinnob Comfort Rp.550,000
DID Chain
SARAN:

* Lakukan perawatan rantai berkala. Sebagus apapun rantai motor kalo tidak dirawat cepat rusak bro. Ujung2nya nyusahin kalo putus rantai saat dijalan/turing, mendingan putus cinta ….uhahahahahaaha. Gunakan Chain Lube/Wax, mau yang murmer beli tuh OLI GARDAN SAE 90 Rp.10,000 bisa dapat 1/2 liter apalagi kalo bisa rayu si LAE.
* Bawa Sambungan Rantai cadangan. Selalu simpan 1 or 2 sambungan rantai baru dibawah jok. Bila putus di tengah jalan minimal hati tenang karena sambungan rantai ready……..(pengalaman pribadi neh…hihihihi)
* Sekalian ganti Sprocket depan dan belakang. Disarankan ketika ganti rantai ganti juga sprocket (Gir) nya bro n bri…
sambung
Info ini hanya sekedar memberikan solusi kepada rekan-rekan bikers yang sedang cari alternatif dikala cekak atau dicekik ibu negara dirumah hehehehe……… Namun rantai OEM Scorpio masih diatas angin lah alias ajibbbbbbbb

Note: Photo disadur dari hasil copy paste beberapa link…..
sumber dari website ini

About these ads

Satu Balasan ke Seputar Rantai Yamaha Scorpio

  1. purwanto mengatakan:

    gimana cara masang rantai keteng scorpio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: