Oil Cooler

Oil Cooler pada SCORPIO Jaga Panas Mesin Ideal

Panas mesin menyebabkan kondisi oli cepat encer dan bekerja kurang maksimal untuk melumasi seluruh bagian mesin. Ini bisa mengakibatkan onderdil di dalam cepat aus dan menimbulkan suara kasar. Ujung-ujungnya butuh diservis. Nah, untuk mengurangi panas tinggi dan oli mesin terlalu encer, bisa manfaatkan oil cooler. Fungsinya untuk mendinginkan oli mesin dari dalam bak mesin atau bak kopling sebelum disalurkan menuju kepala silinder. Kalau kekentalannya terjaga, gesekan antarpart tidak terlalu besar, sehingga umur pakai onderdil bisa tahan lama.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Peranti yang disiapkan oil cooler copotan dari motor seperti Satria F-150 atau Hyosung RX125 atawa produk variasi. “Jangan lupa siapkan slangnya. Pakai slang kuningan atau slang fleksibel. Untuk jalur sirkulasi oli yang menuju oil cooler ini ada dua slang yang digunakan. Untuk jalur bagian kanan mesin mengambil dari bagian pompa oli yang ada di bak mesin sebelah kanan. Sedang pada sisi kiri slang di hubungkan pada bagian head.

Jadi sebelum oli mesin melumasi noken as, pelatuk dan peranti lain di dalam head, oli panas dari mesin akan bersirkulasi di oil cooler dulu untuk proses pendinginan. Sehingga kemungkinan besar gesekan antarpart di dalam mesin juga tidak terlalu besar. Kapasitas oli harus ditambah minimal 200cc dari normal, tergantung kapasitas oil cooler yang digunakan. Logikanya sih, kalo ditambah oil cooler, kan berarti oli berada pada penampungan yang lebih besar (dari pipa ke dan ke oil cooler plus oil cooler itu sendiri). Kalau volume oli tetap sama, kan tingkat ketinggian oli akan berkurang. Parah kalau misalnya bisa turun sampai di bawah tingkat minimum, itu mesin bisa rusak tuh.

Akan tetapi design mesin motor dengan pendingin udara seperti scorpio mempunyai keunggulan khusus yaitu ekonomis, simpel, handal. Dengan spek pabrikan segitu presisinya dibuat, kita dengan gampang pasang oil cooler sehingga kinerja pompa oli terlalu dipaksakan, malah kalo ada masalah misalnya akibat kesalahan kecil salah pasang selang oli, kisi2 tersumbat akibat kesalahan pemilihan ukuran rongga, selang pecah, kebocoran dan lain sebagainya, akibatnya? pasti bubar tuh mesin, lain lagi bila memang spek pabrikan sudah dipasang oil cooler jadi tinggal ganti oil cooler aftermarket.

Dan untuk harga Oil Cooler

  • FU sekitar 350 – 400rb
  • Hyosung RX125 300 – 400Rb
  • Eks Moge 750 – 1jt
  • VW & Citroen 500rb
  • Variasi 500 – 750Rb (set)

Harga part lainnya

  • Nipel + Selang 100 – 300rb
  • Braket Pelat s/d 50Rb
  • Ongkos Pasang 50 – 150Rb

Otomotifnet.com

7 Balasan ke Oil Cooler

  1. hendry mengatakan:

    tai ledik….

  2. mukhtarom mengatakan:

    thanks infonya Bro..

  3. Erwan mengatakan:

    Mantabee..tanks ilmu nya…dan saran2 nya.

  4. yoyo mengatakan:

    oli cooler kan berfungsi maksimal klau terkena hembusan udara,
    kalau jalanan macet gmana tu,apalagi seperti jakarta ini?

  5. karis mengatakan:

    terima kasih infonya. Kebetulan lagi ada rencana pasang oil cooler nih di Si Pio. Mohon sharenya ya di
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/08/26/plus-minus-pemasangan-oil-cooler-di-new-scorpio-z/

  6. mudrika mengatakan:

    mas itu khan pake oil coolernya FU seperti yang di foto_ neple bawaan scorpio itu yang di pake bisa masuk gak ke oil coolernya fu?_ dari pada pake selang custom

  7. Azhie Desrosier mengatakan:

    Kalo ditaro dimotor bebek gimana…??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: